Senin, 23 Februari 2009

IIS dan Apache Weserver dalam Satu Mesin
Published Date November 24, 2005 by maseko

Jika kita hanya menginginkan webserver lokal kita yang berbasis Windows mampu menjalankan aplikasi yang ditulis dengan ASP dan PHP, cukuplah kita menggunakan Microsoft Internet Information Server (IIS). Tetapi, mungkin ada keadaan dimana kita menginginkan aplikasi PHP kita dapat diujicobakan juga pada Apache Webserver, sehingga komputer kita harus mampu menjalankan IIS sekaligus Apache secara bersamaan. Secara default, baik IIS maupun Apache Webserver berjalan pada port 80. Dengan keadaan ini tidak memungkinkan kita menjalankan IIS dan Apache webserver secara bersamaan. Untuk itu salah satu webserver harus dijalankan pada port lain selain port 80.

Jika kita menginginkan port IIS yang diubah, pada IIS yang terdapat pada Windows XP Proffesional langkahnya dimulai dengan membuka Control Panel. Kemudian pilih Administrative Tools dilanjutkan memilih Internet Information Services. Pada window baru yang muncul expand tree pada kolom sebelah kiri. Klik kanan pada Default Web Site dan pilih Properties. Pada dialog box yang muncul, pilih tab Web Site. Ubahlah setting TCP Port dari 80 ke port lain, misalnya 8080. Klik OK untuk mengakhiri.
Ganti Port di IIS

Jika pilihan kita port Apache Webserver yang akan diubah, editlah file httpd.conf yang berada pada folder conf pada direktori instalasi Apache. Cari baris yang mengatur directive Listen. Ubah atau tambahkan baris baru sebagai berikut:
Listen 8080
Sesuaikan dengan port yang diinginkan. Simpan file tersebut dan restart Apache Webserver.

Jika mengakses webserver yang berjalan pada port standar dilakukan cukup dengan http://localhost, maka untuk mengakses webserver yang port-nya telah diubah dilakukan dengan http://localhost:8080.

Tidak ada komentar:

ini jam ku

megamen x6

megamen x6
blazep